Selasa, 25 Oktober 2011

Hydraulic Ram Pump



Pompa Hydram adalah pompa siklus yang memanfaatkan tekanan air sebagai sumber tenaga. Jadi pompa ini tidak membutuhkan listrik atau bahan bakar minyak. Sehingga pompa ini membutuhkan aliran air yang kuat ( bertekanan). Pompa ini memanfaatkan “Water hammer effect” untuk menghasilkan tekanan yang memungkinkan sebagian dari air yang masuk member tenaga kepada pompa, diangkat ke titik lebih tinggi dibandingkan head awal dari air tersebut.
Pompa Hydram ini sangat sesuai digunakan di daerah terpencil, dimana terdapat sumber air yang mempunyai head rendah,serta diperlukan memompa air ke lokasi pemukiman yang elevasi lebih tinggi dari sumber air.

        

                        
Cara kerja pompa :
Air mengalir dari sumber [3] melalui aliran pipa [2] ke dalam rumah pompa [5]. Ketika air berada di dalam rumah pompa, maka air mampu mendorong waste valve [1] hingga menutup, maka air masuk ke dalam air chamber [7] melalui delivery valve [6] di sini lah terjadi “Water hammer effect”. Setiap ada perpindahan dari air ke dalam air chamber maka tekanan dalam chamber tertekan. Udara yang tertekan akhirnya menekan air untuk naik ke delivery pipe [8] yang melewati check valve [9] terlebih dahulu. Air dari bawah tidak dapat naik ke chamber karena tekanan dari tangki udara sama atau lebih besar dari tekanan air dari bawah. Sementara itu di dalam rumah pompa [5] waste valve [1] membuka kembali akibat berat dari valve itu sendiri, sehingga sebagian air di dalam rumah pompa [5] terbuang keluar melalui waste valve [1] dan air mengalir kembali dari sumber air [3]. Siklus ini terjadi berulang-ulang sehingga terjadi proses pemompaan dari sumber air yang lebih tinggi dari sumber air tersebut.
Pada pompa hydra mini diameter dari delivery pipa harus lebih kecil dari aliran pipa, dan berat dari waste valve diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlalu berat maupun terlalu ringan.


Manfaat Hydram
Manfaat hydram yang paling signifikan adalah efisiensi biaya untuk membeli energy seperti listik atau bbm. Dengan berfungsinya hydram maka lahan-lahan yang dulunya tidak terjangkau irigasi dapat dipergunakan untuk budidaya tanaman. Dapat pula dipergunakan sebagai penyuplai air kebutuhan industry dan rumah tangga termasuk air minum dengan menggunakan filtrasi. Usaha perikanan dan peternakan juga akan sangan terbantu dengan adanya aliran air dengan sedikit memodifikasi, aliran air dalam pompa hydram juga dapat berfungsi menggerakkan turbin generator.




Loading...
>>+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar